Pengertian, Cara Kerja dan Jenis dari Proxy


Pada dasarnya web proxy adalah sebuah software yang berfungsi untuk meneruskan request HTTP untuk penggunanya.


Apa itu proxy?

Google mendefinisikan proxy sebagai wewenang untuk mewakili orang lain. HTTP Proxies adalah komponen penting ketika menggunakan internet sehari-hari. Load Balancer, router, akselerator konten, sistem perlindungan konten, ini semua adalah contoh sederhana dari penerapan Web Proxy. Contoh-contoh tersebut bertindak sebagai perantara untuk mengirim permintaan HTTP ke tujuan, menganonimkan request, menangani perutean lalu lintas data, mempercepat internet, dan banyak kegunaan lainnya.


Web Proxy terbagi menjadi dua jenis, yaitu :

  1. Reverse Proxy - Reverse proxy merupakan internal-facing proxy yang biasanya digunakan untuk mengontrol dan melindungi akses ke server di jaringan pribadi atau private network. Reverse proxy biasanya juga melakukan tugas-tugas seperti load-balancing, otentikasi, dekripsi, atau caching.
  2. Forward Proxy - Forward Proxy merupakan Internet-facing proxy yang digunakan untuk mengambil dari berbagai sumber.


Mari kita lihat dua tipe ini lebih detail :

Apa itu Reverse Proxy

Anda mungkin menggunakan Reverse Proxy untuk melihat konten ini. Ketika Anda membuat permintaan ke server yang melayani postingan blog ini, ia akan melewati load balancer. Load Balancer ini adalah jenis Reverse Proxy. Reverse Proxy ini akan duduk di depan salah satu server dan mendistribusikan permintaan ke server ini. Contoh umum dari ini adalah modul proxy_pass Nginx, HAProxy, Squid, dan AWB 'ELB.

Reverse Proxy menerima permintaan dari klien di Internet dan mengambil sumber daya yang diminta dari salah satu server yang berada di belakangnya. Untuk klien tidak ada Knowledge yang diperlukan dari server (sering disebut server hulu) yang melayani konten asli dan mereka dapat diubah sesuai kebutuhan tanpa pengetahuan luar. Reverse Proxy menangani informasi itu.

Sebagai bagian dari penanganan permintaan ini, Reverse Proxy sering kali akan memberikan nilai tambahan seperti mengakhiri SSL, melakukan otentikasi dan otorisasi, mempercepat konten (caching atau mengompresi) atau menulis ulang permintaan dan respons.

Kata "Reverse" dalam nama reverse proxy tidak memiliki arti khusus, itu hanya digunakan sebagai kebalikan dari proxy maju yang sebenarnya memiliki arti yang berkebalikan.


Apa itu Forward Proxy

Forward proxy biasanya digunakan untuk mengontrol lalu lintas meninggalkan jaringan. Ketika Anda mengirim permintaan melalui proxy, itu akan "meneruskan" permintaan Anda ke situs web yang diminta, maka nama "Forward Proxy".

Tugas umum dari Forward Proxy adalah mengontrol akses ke internet dengan memeriksa atribut tertentu ketika permintaan melewatinya. Jika Anda berada di jaringan perusahaan dan Anda tidak dapat mengakses jejaring sosial seperti facebook.com, ini merupakan pekerjaan dari Forward Proxy. Forward Proxy dapat memeriksa request host dan, karena pada jaringan perusahaan lalu lintas sering dimandatkan untuk mengalir melalui proxy, Forward Proxy akan menolak permintaan yang menggunakan host yang dilarang.

Implementasi yang serupa dengan di atas akan memindai konten keluar dari Payload saat melewati proxy. Implementasi ini dapat digunakan untuk berbagai aplikasi perlindungan data misalnya, Untuk pencegahan kehilangan data; atau memindai konten untuk perangkat lunak berbahaya.

Kasus penggunaan lain yang umum untuk Forward Proxy adalah untuk menganonimkan alamat asli request.

Forward Proxy berada di antara request dari pengguna ke internet. Dengan demikian, ketika proxy yang meneruskan mengirimkan permintaan ke host, komputer host akan melihat alamat IP dari Forward Proxy, bukan dari pengguna. Ini biasanya digunakan untuk melakukan anonimisasi IP dan merupakan fitur utama dari VPN.


Layer 7 versus layer 3

Sebagian besar 'proxy' merujuk ke aplikasi layer-7 pada model OSI layer. Namun, cara lain dari proxy adalah melalui layer-3 dan dikenal sebagai Network Address Translation (NAT). Perbedaan antara kedua teknologi proksi ini adalah lapisan tempat mereka beroperasi, dan prosedur untuk mengonfigurasi klien proksi dan server proksi.

Proksi Layer-7 lebih cocok jika Anda memeriksa konten payload untuk melakukan routing atau memanipulasi payload.


Sumber


Semoga Bermanfaat

Post a Comment

0 Comments