Komponen dan Kabel Yang Ada di Dalam CPU


CPU yang dimiliki komputer memiliki banyak sekali komponen di dalamnya, mulai dari komponen utama seperti Processor, Power Supply dan lain-lain hingga kabel-kabel untuk menghubungkan semua komponen CPU. Berikut ini adalah daftar komponen, slot, dan kabel yang ada di dalam CPU.


Komponen-Komponen

1. Power Supply : Komponen ini memiliki fungsi untuk mengalirkan daya listrik menuju komponen-komponen lainnya agar dapat hidup dan bekerja.


2. Harddisk : Hard Drive atau Harddisk merupakan sebuah perangkat yang fungsinya untuk menyimpan dan mengambil informasi digital, terutama data pada komputer.


3. DVD Drive : DVD Drive atau DVD-ROM merupakan perangkat yang dapat digunakan untuk menulis dan membaca kaset atau kepingan CD/DVD.


4. Motherboard : Motherboard ini merupakan sebuah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik dan komputer lainnya dipasang dan bisa terhubung satu dengan yang lain. Motherboard juga berfungsi sebagai media penghubung untuk setiap komponen komputer agar dapat saling berkomunikasi dengan komponen komputer lainnya.


5. Processor : Processor merupakan otak dari komputer. Semua proses maupun perintah akan dikerjakan pada processor meskipun masih dengan bantuan komponen-komponen lainnya.


6. Baterai CMOS : Sebuah baterai yang digunakan oleh BIOS untuk tetap aktif meski tanpa aliran listrik. Salah satu kegunaannya untuk mengaktifkan dan menjalankan fungsi jam, serta memberi daya listrik ke BIOS.


7. Chipset Northbridge : Northbridge bertugas mengendalikan atau menangani komunikasi antara CPU, RAM, AGP atau PCI Express, dan southbridge.


8. Chipset Southbridge : Merupakan jenis chipset yang  mengontrol bus IDE, USB, dukungan Plug and Play, menjembatani PCI dan Isa, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power management dan sejumlah perangkat lainnya.


9. Kabel Front Panel : Digunakan untuk menghubungkan tombol-tombol front panel dari casing agar terhubung dengan motherboard agar tombol tersebut dapat berfungsi dengan baik.


10. Kabel Power : Berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dari power supply ke motherboard agar motherboard dapat berfungsi.


11. Kabel SATA : Untuk menghubungkan perangkat penyimpanan seperti HDD, DVD-ROM, dan lain-lain.


12. SATA Connector : Untuk memberikan daya pada peripheral seperti hardisk. Perangkat ini tidak memiliki Serial Number.


13. Kabel Daya CPU : Untuk memberikan daya dari power supply ke prosesor (CPU).


14. Slot Prosesor : Sebagai tempat yang menampung prosesor. Slot processor ini sangat rawan, bila terdapat satu pin yang rusak maka slot sudah tidak dapat digunakan.


15. Slot Baterai CMOS : Sebagai tempat untuk menampung battery CMOS. Slot ini sangat penting karena jika slot ini rusak maka baterai cmos tidak dapat digunakan.


16. Slot RAM : Sebagai tempat untuk menampung RAM. Biasanya di motherboard, slot ram ini terdapat lebih dari satu.


17. Slot SATA : Sebagai tempat ditancapkannya kabel SATA. Kabel sata ini biasa digunakan untuk menghubungkan hardisk ke motherboard.


18. Slot Kabel Power : Slot yang digunakan untuk menancapkan kabel power agar motherboard mendapatkan arus listrik dari power supply dan dapat berfungsi.

19. VGA Card : berfungsi untuk menerjemahkan/mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor.



Semoga Bermanfaat

Post a Comment

0 Comments