Cara Konfigurasi Samba Server di Debian 8

Samba adalah suatu aplikasi atau paket yang digunakan untuk sharing folder atau file pada sistem operasi Linux. Samba ini menggunakan media jaringan sebagai media transfer file antara satu komputer ke komputer lain. Berikut ini merupakan Cara instalasi Samba sekaligus cara mengkonfigurasi Samba di Debian 8 menggunakan Virtual Box


Langkah-Langkah
1. Pertama buka virtual box, kemudian ubah jaringan dari virtual machine yaitu interface 1 (NAT) dan interface 2 (host-only).

2. Kemudian ubah fle konfigurasi interfaces dengan perintah # nano /etc/network/interfaces, kemudian ubah seperti di gambar. Interface eth0 digunakan untuk menginstall dan mengupdate repository internet sementara eth1 digunakan untuk berhubungan dengan windows asli.

3. Setelah itu restart service networking untuk menerapkan perubahan yang ada di file konfigurasi interfaces.


4. Setelah itu cek IP Address menggunakan perintah # ifconfig.


5. Setelah itu buka open network and sharing center, double klik pada interface virtualbox host-only adapter. Pilih ipv4, lalu masukkan IP Address.


6. Setelah itu lakukan pengecekan koneksi dengan perintah # ping ipaddress. Jika hasil ping reply maka koneksi berhasil.


7. Lalu lakukan penginstallan samba dengan perintah # apt-get install samba.


8. Lakukan konfigurasi file smb.conf dengan perintah # nano /etc/samba/smb.conf, lalu ubah isi konfigurasi file seperti di gambar.


9. Kemudian restart service dari samba dengan cara # /etc/init.d/samba restart.


10. Kemudian buka menu run di windows asli dengan cara klik windows+r pada keyboard. Lalu masukkan IP addess dari linux dengan format \\ipaddress.


11. Kemudian folder yang di share akan tampil.


12. Untuk melakukan download file, masuk ke dalam folder tersebut kemudian klik kanan pada file yang ingin di download lalu klik copy kemudian pastekan file tersebut ke penyimpanan windows.


13. Jika berhasil maka file akan tercopy dengan sempurna.


Semoga Bermanfaat

Post a Comment

0 Comments