Konfigurasi Web Proxy di Mikrotik


     Kali ini saya akan melakukan konfigurasi web proxy di mikrotik. Web Proxy ini dapat memblok website, meredirect website, blok konten, blok ekstensi yang ingin di download dan yang terpenting adalah bisa menyimpan cache dari website yang telah dikunjungi agar saat ingi mengunjungi lagi aksesnya akan menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Sebelumnya mikrotik sudah saya koneksikan dengan internet melalui ether1 dan sudah saya beri akses internet untuk client dengan cara firewall NAT Masquerade.

1. Buka IP > Firewall untuk membuat NAT agar port 80 teralihkan ke port web proxy yaitu 8080. Dengan Chain dstnat, protocol TCP yaitu protocol yang digunakan oleh http dan juga dst port yaitu port HTTP 80.

2. Lalu masuk ke tab Action, lalu ubah action menjadi redirect untuk mengalihkan. Lalu isi kolom to Ports dengan port web proxy yaitu 8080.

3. Setelah membuat NAT, kita masuk ke Web Proxy. Masuk ke menu IP > Web Proxy lalu klik pada kolom enable, lalu Apply, lalu masuk ke menu Access.

4. Web Proxy memiliki banyak manfaat dan kali ini saya akan memcoba fitur fitur web proxy, yang pertama merupakan blok situs, kedua redirect situs, ketiga blok konten, keempat blok ekstensi.

    # Pertama Blok Situs

    # Kedua Meredirect atau Mengalihkan Situs

    # Ketiga Memblok Konten

    # Keempat Memblok Ekstensi

5. Lalu setelah semua konfigurasi pada access selesai maka kita tinggal ngetes hasil dari konfigurasi tersebut

    # Hasil Blok Situs

    # Hasil Mengalihkan Situs

    # Hasil Blok Konten

    # Hasil Blok Ekstensi

Post a Comment

1 Comments